suaralama.id
  • KONTAK
  • REDAKASI
  • COPYRIGHT
  • PEDOMAN MEDIA SIBER
Sabtu, 21 Juni 2025
  • Masuk
  • Buat akun
  • Nasional
  • Daerah
    • Semarang
    • Wonosobo
    • Magelang
    • Temanggung
    • Yogyakarta
    • Purworejo
    • Kebumen
    • Banjarnegara
    • Sukoharjo
    • Kulon Progo
  • Kuliner
  • Mistik
  • Kesehatan
  • Olahraga
  • Properti
  • Perbankan
Tidak ditemukan
Lihat semuanya
  • Nasional
  • Daerah
    • Semarang
    • Wonosobo
    • Magelang
    • Temanggung
    • Yogyakarta
    • Purworejo
    • Kebumen
    • Banjarnegara
    • Sukoharjo
    • Kulon Progo
  • Kuliner
  • Mistik
  • Kesehatan
  • Olahraga
  • Properti
  • Perbankan
Tidak ditemukan
Lihat semuanya
suaralama.id
Tidak ditemukan
Lihat semuanya
Home Berita

Layanan Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Masuk 10 Besar Terbaik Dunia

Oleh suaralama.id
21 Juni 2025
Berita
Waktu baca: 2 mins read
A A
0

JAKARTA,suaralama.id – Direktorat Jenderal Imigrasi melalui Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta meraih penghargaan sebagai peringkat ke-10 Layanan Imigrasi Bandara Terbaik di Dunia Tahun 2025 versi Skytrax, lembaga independen pemeringkat penerbangan yang berkedudukan di London, Inggris. Informasi ini dirilis melalui situs resmi Skytrax World Airport Awards (https://www.worldairportawards.com/worlds-best-airport-immigration-2025/).

Penilaian Skytrax terhadap layanan imigrasi bandara terbaik dunia mencakup berbagai aspek, seperti proses kedatangan dan keberangkatan, layanan imigrasi dan kontrol perbatasan, waktu tunggu, sistem antrean, jalur prioritas, efisiensi e-gate (pintu otomatis), serta kesopanan dan profesionalisme staf Imigrasi.Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan, Agus Andrianto, menyatakan bahwa pencapaian ini merupakan tonggak sejarah baru bagi Direktorat Jenderal Imigrasi dan menjadi bentuk pengakuan terhadap transformasi serta inovasi layanan keimigrasian Indonesia, khususnya di bandara internasional.

BACA JUGA:

Imigrasi Jaring 170 WNA dalam Operasi Wira Waspada

Yuldi Yusman Gantikan Saffar M. Godam sebagai Plt. Dirjen Imigrasi

Kakanim Wonosobo ke Magelang, Bahas Sinergi Layanan Keimigrasian dan Dukungan Kenaikan Kelas Kantor

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada prestasi yang berhasil dicapai oleh Imigrasi Soekarno-Hatta (Soetta), dengan masuk 10 besar Layanan Imigrasi Bandara Terbaik di Dunia.
Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras para petugas pemeriksaan keimigrasian Bandara Soetta.
Banyak tantangan yang telah dilalui oleh jajaran TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) Soetta dalam menjalankan tugasnya, termasuk bekerja saat hari libur panjang demi kelancaran lalu lintas penumpang.
Tugas mereka tidak mudah dan membutuhkan dedikasi besar. Alhamdulillah, semua itu membuahkan hasil dan membawa kebanggaan bagi Indonesia,” ujar Menteri Agus, Jumat (11/04/2025).

Sementara itu, Plt. Direktur Jenderal Imigrasi, Saffar Muhammad Godam, menjelaskan bahwa Ditjen Imigrasi telah mengimplementasikan program digitalisasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan di bandara dan pelabuhan internasional. Salah satu bentuknya adalah pemanfaatan autogate berteknologi mutakhir, yang memungkinkan proses pemeriksaan hanya berlangsung 10–15 detik per orang.

“Autogate di bandara internasional Indonesia juga telah melayani WNA (warga negara asing) dan bahkan dapat digunakan oleh anak-anak usia enam tahun ke atas.
Hal ini dimungkinkan berkat dukungan sistem elektronik visa (eVisa) Indonesia dan teknologi pengenal wajah (face recognition) yang semakin canggih,” ujar Godam.

Sistem autogate juga telah terintegrasi dengan Border Control Management (BCM) dan data Interpol. Hingga saat ini, autogate telah dioperasikan di berbagai titik perlintasan utama Indonesia, yaitu:

Bandara Soekarno-Hatta

Bandara I Gusti Ngurah Rai

Bandara Kualanamu

Bandara Juanda

Pelabuhan Batam Center

Total terdapat 264 unit autogate yang telah beroperasi dan jumlah ini akan terus bertambah guna mengoptimalkan proses pemeriksaan imigrasi di bandara dan pelabuhan utama.

Menteri Agus juga menambahkan bahwa jajaran Imigrasi di bandara dan pelabuhan turut melakukan rekayasa alur penumpang pada periode-periode krusial seperti libur sekolah, Idulfitri, serta Natal dan Tahun Baru, guna mencegah terjadinya penumpukan penumpang.

Sepanjang tahun 2024, Imigrasi Soekarno-Hatta telah melayani 17.166.177 perlintasan, terdiri dari 8.615.937 keberangkatan dan 8.550.240 kedatangan.
Sementara itu, pada periode 1 Januari–10 April 2025, jumlah perlintasan tercatat sebanyak 4.987.378, yang terdiri dari 2.473.802 keberangkatan dan 2.513.576 kedatangan.

“Kami berharap pencapaian ini menjadi pemacu semangat bagi seluruh jajaran Imigrasi di Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas layanan.
Ke depan, kami akan terus berinovasi, memperkuat integrasi sistem, serta menjaga profesionalisme petugas demi memberikan pengalaman terbaik bagi masyarakat dan wisatawan internasional,” tutup Menteri Agus.

ShareTweetSendShareShareScan
Sebelumnya

Imigrasi Jaring 170 WNA dalam Operasi Wira Waspada

suaralama.id

TerkaitBerita

Imigrasi Jaring 170 WNA dalam Operasi Wira Waspada

Oleh suaralama.id
12 Juni 2025
0

JAKARTA, suaralama.id – Direktorat Jenderal Imigrasi berhasil mengamankan sebanyak 170 warga negara asing (WNA) dari 27 negara dalam operasi Wira...

Yuldi Yusman Gantikan Saffar M. Godam sebagai Plt. Dirjen Imigrasi

Oleh suaralama.id
16 Juni 2025
0

JAKARTA, suaralama.id – Direktorat Jenderal Imigrasi resmi melepas Saffar Muhammad Godam dari jabatannya sebagai (Plt) Direktur Jenderal Imigrasi. Acara pelepasan berlangsung...

Kakanim Wonosobo ke Magelang, Bahas Sinergi Layanan Keimigrasian dan Dukungan Kenaikan Kelas Kantor

Oleh suaralama.id
12 Juni 2025
0

MAGELANG, suaralama.id – Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo, Imam Bahri, didampingi Kasubsi TI, Dani Aprianto melakukan silaturahmi...

Bupati Temanggung Agus Setyawan Tinjau Loket Imigrasi di MPP

Oleh suaralama.id
26 Maret 2025
0

Temanggung, suaralama.id– Dalam rangka kunjungan kerja, Bupati Temanggung Agus Setyawan, S.E., meninjau langsung pelayanan publik di Mal Pelayanan Publik (MPP)...

Pengelola Penginapan Wajib Laporkan Keberadaan Tamu Asing Lewat APOA

Oleh suaralama.id
9 April 2025
0

NASIONAL, suaralama.id - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi meluncurkan Aplikasi Pengawasan Orang Asing (APOA) terbaru untuk mengoptimalkan pengawasan keberadaan orang asing...

Please login to join discussion
  • KONTAK
  • REDAKASI
  • COPYRIGHT
  • PEDOMAN MEDIA SIBER
Part of PT Mercusuar Media Utama

© 2023 suaralama.id Mercusuar Network .

Tidak ditemukan
Lihat semuanya
  • Nasional
  • Daerah
    • Semarang
    • Wonosobo
    • Magelang
    • Temanggung
    • Yogyakarta
    • Purworejo
    • Kebumen
    • Banjarnegara
    • Sukoharjo
    • Kulon Progo
  • Kuliner
  • Mistik
  • Kesehatan
  • Olahraga
  • Properti
  • Perbankan

© 2023 suaralama.id Mercusuar Network .

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Go to mobile version