WONOSOBO, suaralama.id (Mercusuar Group) – RSUD KRT Setjonegoro terus berupaya memberikan pelayanan prima bagi masyarakat. Hal itu diwujudkan dengan penyaluran Corporate Social Responsibility (CSR) yang dikemas dalam program Launching Pemberian Makanan untuk Penunggu Pasien Kelas 3 di Lantai 4 Gedung RSUD KRT Setjonegoro Wonosobo, Senin (1/8/2022).
“Menunggu orang sakit butuh energi tidak sedikit, kadang malam tidak tidur. Jadi kami atas nama Pemerintah Kabupaten Wonosobo ingin mencoba meringankan beban masyarakat dengan memberi bantuan berupa makanan gratis untuk para penunggu pasien kelas 3,” kata Bupati Afif Nurhidayat saat membuka acara.
Dia menyebutkan, pemberian makanan gratis dilakukan saat pagi, siang dan sore hari. Yang berhak mendapatkan jatah makan gratis adalah penunggu pasien kelas 3 di Ruang Cempaka, Flamboyan dan ruang lainnya. “Saya minta program ini berkelanjutan,” pinta Bupati Afif.

Terpisah, Direktur Utama RSUD KRT Setjonegoro Wonosobo dr. Danang Sananto Sasongko menjelaskan program CSR menjawab tanggung jawab pemerintah yang tugas pokoknya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Menurut dr Danang, program pemberian makanan gratis tersebut bukan CSR tetapi kewajiban. “Tidak semua masyarakat yang berobat berasal dari keluarga yang mampu jadi kami mencoba meringankan beban mereka. Bahkan pernah saya menjumpai saat makan di kantin ada keluarga pasien yang membeli 1 nasi bungkus untuk dimakan suami istri. Nangis saya lihatnya,” kata dr Danang.
Pihaknya berharap, jika ini merupakan program yang banyak memberikan manfaat semoga bisa dicontoh oleh rumah sakit di daerah-daerah lain. “Yang dapat makanan gratis khusus penunggu pasien kelas 3 bukan kelas 1 atau kelas 2. Pertimbangannya karena kelas 1 dan kelas 2 ada kantin tinggal pesan dan antar melalui WhatsApp,” pungkas dr Danang. (zal)